Pages

Minggu, 08 Januari 2012

Manusia dan Tanggung Jawab


A.  Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga merupakan kesadaran akan kewajibannya. contoh : pelajar yang mempunyai kewajiban untuk belajar, jika pelajar tersebut menjalani kewajibannya, berarti pelajar tersebut mempunyai rasa untuk bertanggung jawab.
Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnnya. Dapat juga karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia dapat menciptakan keseimbangan, keserasian, keselarasan antar manusia dengan manusia dan antar manusia dengan lingkungannya.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati, yaitu sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahkan setiap manusia akan dibebani dengan tanggung jawab. Tanggung jawab dapat dilihat dari 2 sisi, yaitu: dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain. Apabila dikaji, tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, pengorbanan pda pihak lain.
B.   Macam-Macam Tanggung Jawab
Ada beberapa jenis tanggung jawab yang dikenal:
a)Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Jenis ini menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
b)   Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga adalah masyarakat kecil. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab ini juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan,  dan kehidupan.
c)   Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut.
d)   Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara
Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-normayang telah berlaku oleh Negara. Manusia tidak bisa berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggunng jawab kepada Negara.
e)   Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, tetapi manusia mempunyai tanggung jawab tersendiri terhadap Tuhan. Sehingga Tuhan telah mencantumkan hukuman-hukumannya dalam kitab suci tiap-tiap agama.

sumber:
Digital book 1 Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar